Waspada! Inilah 5 Aplikasi Yang Memiliki Dampak Berbahaya Bagi Anak-anak

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Dizaman yang serba canggih seperti sekarang, pasti bikin kita tak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Termasuk aplikasi-aplikasi yang ada didalamnya.


Tapi, kamu tahu nggak sih ada beberapa aplikasi smartphone yang sebenarnya berbahaya kalau digunakan oleh anak-anak.

Berikut 5 Aplikasi Android Yang Berbahaya Untuk Anak

1. Snapchat

Sebuah aplikasi yang bisa berkirim pesan dengan orang lain termasuk foto. Dan pesan yang kamu kirim akan terhapus sesudah diterima dan dilihat. Terus apa bahaya?

Bahayanya adalah karena aplikasi ini dilengkapi dengam fitur Sexting atau bisa dibilang pesan yang mengandung konten seks.

Pastinya beresiko banget jika anak-anak menggunakan aplikasi ini, belum lagi anak-anak juga bisa berurusan dengan hukum jika ikut mengirim sexting.

Nah, jadi pastikan anak atau saudara kamu sudah menghidupkan fitur keamanan snapschat ya sob!

2. Aplikasi Kencan
Aplikasi Kencan
Sumber: techno.id
Kalau buat yang satu ini sudah jelas banget kan sob dimana bahayanya? Buat yang dewasa saja bahaya apalagi buat anak-anak.

Lagiankan anak-anak emang belum saatnya buat pacar-pacaran, aku saja belum punya masa anak kecil udah punya duluan sih. Hihihi

Sayangnya beberapa aplikasi serupa dapat diakses oleh anak usia 13 tahun dan tidak menutup kemungkinan jika aplikasi seperti ini dimanfaatkan untuk melakulan penculikan kan sob?

3. Roblox

Kamu pasti pernah denger dong game minecraft? Nah, game yang satu ini keliatannya sih aman-aman saja seperti minecraft. Tapi siapa sangka kalau faktanya game ini sangat tidak aman bagi anak-anak.

Karena didalam game ini ada interaksi via chat dengan pemain lain yang bisa menjadi sumber bahaya.

Kondisi anak yang belum kritis terhadap sebuah ajakan dari orang yang mereka tidak kenal bisa jadi sesuatu yang membahayakan. Seperti, pelecehan pada anak (phedophil), hingga mengunduh virus atau aplikasi sampah.

Memang sih tidak semua pemainnya orang jahat, tapi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga.

4. Tumblr
Sumber: feedberry.com
Nah aplikasi satu ini menyediakan tempat untuk membuat blog. Tujuannya adalah untuk mempromosikan hobi kamu supaya bisa diketahui oleh orang banyak.

Tapi sayang, materi dewasa juga menjadi hal umum didalamnya. Jadi secara otomatis anak-anak yang mengakses tumblr bisa mendapatkan informasi seputar hal yang tidak sesuai dengan usia mereka.

Termasuk buat kalian juga nih, harus hati-hati ya sob, karena sekali posting di tumblr, semua pengguna internet akan tahu. Ini bahaya buat anak-anak loh apalagi mereka kan belum bisa memilah-milah mana yang layak dan tidak untuk diposting.

5. Ask FM
Sumber: trackmyfone.com
Sebenarnya situs ini tujuannya baik sih, supaya anak-anak bisa semakin kenal dunia dengan cara tanya-jawab.

Tapi sayangnya banyak sekali yang menyalah gunakannya untul membully satu sama lain.
Dalam aplikasi ini disediakan fitur untuk bertanya tanpa nama. Nah fitur inilah yang akhirnya digunakan untuk membully agar tidak diketahui identitasnya.

Bayangin saja sob, kalau anak-anak yang mentalnya masih belum bisa menerima perkataan-perkataan jelek pastinya mereka akan mengalami stress, depresi dan bisa berakibat bunuh diri loh.

Siapa sangka 5 Aplikasi ini ternyata memiliki dampak yang membahayakan untuk anak-anak.

Makanya kamu harus hati-hati ya sob, jangan sampai anak-anak yang ada disekitar kamu malah kena dampak buruknya.

Semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel