Bangunan-bangunan Ekstrim Yang Ternyata Masih Ditinggali Oleh Manusia


Assalamu'alaikum Wr. Wb

MangDhepha.com - Tempat tinggal manusia atau biasa yang kita kenal dengan Rumah kini telah mengalami banyak perkembangan dan perubahan. Selain kenyaman dan desain interior yang menjadi faktor utama, tempat tinggal juga menawarkan sebuah tantangan ekstrim.

Seperti yang akan Mang Dhepha bahas kali ini, ada beberapa bangunan ekstrim yang ternyata masih ditinggali oleh manusia, tentu ada banyak alasan yang dikemukaan kenapa manusia lebih memilih bangunan ekstrim tersebut.

Berikut ini akan Mang Dhepha berikan informasinya

1. Biara Pilar Katskhi (Georgia)


Foto: Biara Pilar Katskhi (rooang.com)
Bangunan ekstrim yang ternyata ditinggali manusia yang pertama adalah Biara Pilar Katskhi. Yang terletak di Desa Katskhi wilayah Imereti Georgia barat. Untuk sampai kesana sobat harus menempuh perjalanan sekitar 10 km dari kota pertambangan Chiatura.

Penduduk setempat menyebut tempat ini sebagai "Pilar Kehidupan". Karena diatas puncak setinggi 40 meter ini sob terdapat bangunan seperti gereja kecil yang dibangun pada abad ke-4 Masehi. Sebelum dibangun gereja oleh umat kristen, pilar ini merupakan tempat pemujaan kaum pagan yang menyebutnya tempat "Dewa Kesuburan".

Foto: PuncakBiara Pilar Katskhi (rooang.com)
Rumah berbentuk gereja ini direnovasi dab dirawat oleh seorang biksu yang telah berusia 59 tahun, Maxim Qavtaradze.
Gereja inipun perlahan mulai berubah menjadi sebuah biara dan tempat pertapaan bagi siapa saja yang ingin membutuhkan meditasi dan ketenangan jiwa.

Membutuhkan waktu 20 menit untuk menaiki atau menuruni biara yang terletak diatas puncak bukit ini.
Terdapat tangga besi yang dibuat khusus untuk memudahkan siapa saja yang ingin menuju pilar katskhi.

2. Rumah Batu Casa Do Penedo (Portugal)


Foto: provoke-online.com
Selanjutnya kita bergeser ke Portugal, tepatnya dipegunungan Fafe di Portugal Utara. Sobat akan menemui sebuah rumah yang terbuat dari batu besar, banyak menyebut rumah ini sebagai "Rumah Flinstone" dikehidupan nyata.

Terletak diantara 4 batu granit, rumah ini berada pada ketinggian hampir 2600 kaki. Pembangunan rumah ini dimulai pada tahun 1972 oleh seorang petani yang bernama Casa Do Penedo yang kebetulan juga menjadi nama rumah batu ini.

Rumah ini terdiri dari kolam renang dengan 4 batu granit besar yang berfungsi sebagai dasar dinding dan langit-langit rumah. Yang lebih istimewa lagi ternyata memiliki jendela dan pintu yang anti terhadap peluru.

Kini rumah yang pernah dihuni ini menjadi museum kecil bagi wisatawan yang ingin berkunjung atau mendaki ke Gunung Fafe di Portugal bagian utara.

3. Rumah Cermin Kotak (Swedia)


mirror cube via www.thisisinsider.com
Berikutnya kita mengarah ke Eropa Utara tepatnya di Swedia. Disini sobat akan menemui sebuah rumah yang berdiri kokoh diatas pohon yang terbuat dari kaca.

Rumah cermin ini adalah sebuah tempat penginapan yang berada dihutan Harads, Swedia yang menjadi tujuan utama para pecinta alam yang gemar berpetualang atau menjelajahi alam liar di Swedia.

Rumah pohon kaca ini juga disebut "The Mirrorcube" yang dirancang menggantung dipohon menggunakan bahan alumunium ringan, memakai teknologi modern sehingga desainnya juga dirancang dengan teknologi canggih.

Pada bagian eksteriornya disamarkan dengan menggunakan dinding cermin sehingga dapat mencerminkan kondisi lingkungan sekitarnya.
Sementara pada bagian interiornya dilapisi dengan menggunakan kayu.

Yang lebih unik rumah ini juga dilengkapi dengan cahaya infra merah yang digunakan untuk mencegah burung yang ingin masuk menghampiri.

Dalam rumah kaca ini terdapat kamar tidur, dapur, ruang tamu, kamar mandi dan room talk.

Untuk dapat menginap dirumah ekstrim dan unik ini Sobat harus menyiapkan kocek sebesar $592 atau dengan rupiah setara dengan 7 juta per malamnya.

4. Rumah Satu-satunya Di Pulau Ellidaey (Islandia)


Pernahkah sobat menyaksikan film Harry Potter saat dirinya merayakan hari ulang tahunnya yang ke-11. Namun diasingkan dalam sebuah pulau yang hanya terdapat 1 Rumah?.
Ternyata rumah ini benar-benar ada loh sob dipulau Ellidaey, Islandia.

Ya, sekitar 300 tahun yang lalu, pulau indah ini ditempati oleh 5 Rumah yang berarti berisikan 5 keluarga. Namun seiring musim yang tak menentu memaksa 4 keluarga hijrah je pulau lain yang lebih kaya akan hasil alamnya, sehingga menyisakan 1 Rumah dan 1 keluarga yang ditempati keluarga yang hingga kini tidak diketahui namanya.

Banyak yang mengatakan rumah tersebut "Rumah Kutukan" dan sangat angker pada malam hari. Namun hal tersebut dibantah langsung oleh para pemburu atau nelayan yang sekedar singgah untuk beristirahat karena lelah ingin melanjutkan perjalansn kembali ke Rumah.

Kini rumah tak berpenghuni di pulau tersebut menjadi rumah hunian.
Hmmm.. apakah sobat berniat untuk menginap di Rumah tersebut?

Nah itulah tadi beberapa bangunan ekstrim yang ternyata masih ditinggali oleh msnusia.
Bagaimana sob, apakah kalian tertarik untuk tinggal di bangunan ekstrim ini?
Yuk tulis komentar sobat dibawah ya..

Semoga Bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel